8 Gedung Tertinggi di Dunia Tahun 2015


gedung teringgi di dunia 2015.2

Sebuah master piece persembahan dari arsitektur – arsitektur handal di dunia ini, mereka mempersembahkan kepada kita karya – karyanya yang hebat dalam membangun gedung – gedung yang tinggi dan megah, dan suatu saat atau mungkin saat ini sudah menjadi sejarah yang membanggakan dan tidak terlupakan.

Inilah 8 Gedung tertinggi di dunia Tahun 2015 yang di persembahkan oleh arsitek – arsitek hebat dunia.

1. Burj Khalifa

Burj Khalifa gedung tertinggi di dunia

Burj Khalifa adalah gedung pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki). Menara ini mempunyai lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam atau 16.7 m/s. Bangunan dengan paling banyak lantai: 160 (sebelumnya Menara Willis dan World Trade Center – 110 lantai).

2. Pingan International Finance Center

Pingan International Finance Center gedung tertinggi didunia 2015

Pingan International Finance Center adalah gedung pencakar langit setinggi 648 m, yang memiliki 115-lantai yang sedang dibangun di Shenzhen, provinsi Guangdong, Cina. Bangunan ini diharapkan akan selesai pada tahun 2015. Saat ini merupakan bangunan tertinggi kedua di dunia yang dalam masa pembangunan. Pingin akan menjadi bangunan tertinggi kedua di dunia setelah selesai pada tahun 2015 dan tertinggi di Cina.

3. Sanghai Tower

Shanghai Tower gedung tertinggi di dunia

Shanghai Tower terletak di Shanghai, Tiongkok dengan ketinggian 632 m.Gedung dengan 128 lantai ini memiliki ketinggian 2.073 kaki atau setara dengan 632 meter. Gedung ini mendapatkan peringkat ketiga tertinggi di dunia. Menara Shanghai dirancang oleh Arsitek Gensler dan kini sedang dibangunan di Distrik Pudong Shanghai. Gedung ini akan menjadi tertinggi dari tiga supertalls lainnya di Pudong, dua lainnya adalah Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center.

4. Mecca clock Royal tower

mecca clock tower gedung tertinggi 2015

Gedung ini terletak di Mekah, Saudi Arabia. Tinggi dari gedung ini 601 m dan memiliki jumlah lantai sebanyak 120 lantai. Gedung ini dibuat pada tahun 2004-2012. Gedung ini dikenal dengan nama Mecca Royal Hotel Clock Tower atau tower Abraj Al-Bait. Yang menarik dari bangunan ini adalah letaknya yang ada di pintu selatan dari Masjidil Haram. Di gedung ini terdapat 7 menara dan 1 diantaranya memiliki ketinggan 601 m dari 6 menara lainnya. Menara tersebut bernama Hotel Tower.

5. Lotte Super Tower

Lotte Super Tower gedung tertinggi di dunia

Lotte Super Tower adalah gedung pencakar langit berlantai 123 yang saat ini sedang didirikan di Lotte World 2, Seoul, Korea Selatan. Ketinggian bangunan ini mencapai 555 m dan akan menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia jika selesai sesuai jadwal pada tahun 2015. Terletak di dekat Sungai Han, menara akan berisi gerai ritel (lantai 1-6), kantor (7-60), tempat tinggal (61-85), sebuah hotel mewah (86-119), dan tempat akses publik (120-123) dengan dek pengamatan. Gedung ini di desain oleh perusahaan arsitektur Kohn Pedersen Fox, dimana James von Klemperer sebagai pemimpin tim proyeknya.

6. Taipei 101

Taipei 101 gedung tertinggi di dunia 2015

Gedung ini terletak di Taipei, Taiwan. Ketinggian dari gedung ini adalah 509 m dengan jumlah lantainya sebanyak 101. Gedung ini dibuka pada tanggal 31 Desember 2004. Gedung ini adalah salah satu gedung tertingi yang memiliki pencakar langit dan paling maju yang telah dibuat hingga sampai sekarang. Gedung ini masuk dalam jajaran gedung tertinggi di dunia karena memiliki fiber optik dan penghubung internet satelit yang kapasitasnya mencapai 1 GB per detik nya. Keunggulan lain yang menjadikannya masuk dalam 10 gedung tertinggi di dunia, karena dilantai 88, terdapat pendulum yang beratnya mencapai 800 ton, yang berfungsi sebagai penyetabilan goyangan akibat gempa bumi, gaya geser maupun angin topan.

7. Shanghai World Financial Center

Shanghai World Financial Center gedung tertinggi di dunia

Gedung ini terletak di Pudong, Shanghai, Cina dan memiliki ketinggian 494,3 m dengan lantainya sebanyak 101. Lantai teratas 474 m, dan di bangun pada tahun 1997-2008. Yang paling khas dari gedung ini adalah adanya aperture trapezium yang ada di puncak. Aperture dengan diameter 46 m ini berfungsi sebagai mengurangi adanya tekanan angin serta subteks untuk sebuah desain. Dan yang menjadi keunikannya lagi tanggal 18 Oktober 2005, gedung ini jika diperhatikan menyerupai bangunan raksasa pembuka botol.

8.  International Commerce Centre

International Commerce Centre gedung tertinggi

Gedung ini memiliki ketinggian mencapai 484 m dan terletak di West Kowloon, Hong Kong. ICC Tower adalah proyek yang dibangun oleh Union square atas izin Kowloon Station. Gedung ini adalah gedung tertinggi di dunia yang kedelapan yang dikembangkan oleh Sun Hung Kai Properties dan MTR Corporation Limited.

Jadi itulah 6 gedung tertinggi di dunia yang selesai pada tahun 2015. semoga suatu saat kita bisa berkunjung ke gedung – gedung tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s