Malala Yousafzai dan Kailash Satyarthi Peraih Nobel Perdamaian Tahun 2014


Malala Yousafzai dan Kailash Satyarthi peraih nobel perdamaian 2014

Malala Yousafzai dan Kailash Satyarthi adalah peraih nobel perdamaian tahun 2014. Keduanya mendapat Hadiah Nobel setelah upaya mereka untuk meningkatkan hak-hak anak diakui dunia. Panitia Nobel memuji perjuangan keduanya melawan penindasan anak dan remaja. Pengumuman dilangsungkan pada hari Jumat (10/10) pagi di Oslo.

Malala Yousafzai peraih nobel perdamaian tahun 2014

Malala Yousafzai

Dalam usia 17, Malala merupakan penerima Nobel termuda dalam sejarah. Saat masih berusia 15 tahun, tahun 2012, ia ditembak di kepalanya oleh pasukan Taliban karena memperjuangan pendidikan untuk anak-anak perempuan. Malala sekarang tinggal di Birmingham, Inggris karena tidak bisa pulang ke negaranya.

Pendidikan adalah mata untuk melihat dunia. Penting dan nggak tergantikan! Inilah yang menjadi hal yang diperjuangkan Malala di tempat tinggalnya, Pakistan. Masih banyak ditemui ketidaksetaraan hak pendidikan antara laki-laki dan perempuan membuatnya berang.  Lewat perjuangan gigih serta protes keras, akhirnya keadaannya perlahan berubah.

Kailash Satyarthi peraih nobel perdamaian tahun 2014

Kailash Satyarthi

Kailash Satyarthi, 60 tahun, sejak tahun 1990an aktif menentang industri India dalam mempekerjakan buruh anak, digambarkan “memelihara tradisi Mahatma Gandhi, dalam memimpin sejumlah aksi damai,” yang “berfokus pada eksploitasi anak-anak untuk keuntungan finansial.”

Ketua Panitia Nobel Perdamaian Thorbjorn Jagland mengatakan keberhasilan Satyarthi meraih Hadiah Nobel menunjukkan menunjuk bagaimana seorang muslim dan pemeluk Hindu be bergabung dalam perjuangan bersama untuk pendidikan dan melawan ekstremisme.

Malala dan Satyarthi menyisihkan 276 kandidat lainnya, termasuk Paus Fransiskus dan ginekologi Kongo Denis Mukwege. Malala dan Satyarthi mendapatkan hadiah uang sebesar US$1,4 juta.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s