Prof. Martin Hairer, Dr. Artur Avila, Prof. Manjul Bhargava, dan Prof. Maryam Mirzakhani Peraih Nobel Matematika Tahun 2014


peraih nobel matematika 2014  

Prof Martin Hairer dari Universitas Warwick, Inggris; Dr Artur Avila, ahli matematika dari Brazil yang meraih gelar PhD dalam bidang sisitem dinamik pada usia 21 tahun, Prof Manjul Bhargava, seorang ahli dari Universitas Princeton, dan Maryam Mirzakhani adalah seorang ahli matematika lulusan Harvard dan seorang profesor di Stanford University di California, adalah empat pemenang yang diumumkan oleh Kongres Matematika Internasional (ICM) pada konferensi di Seoul pada hari Rabu 13 Agustus 2014.

Prof. Martin Hairer peraih nobel matematika 2014Prof. Manjul bhagava peraih nobel matematika 2014

* Prof Martin Hairer           * Prof Manjul Bhargava

Dr Artur Avila peraih nobel matematika 2014Prof. maryam mirzakhani peraih nobel matematika 2014

* Dr Artur Avila                                                  * Prof. Maryam Mirzakhani

Empat medali diserahkan dalam acara Kongres Internasional Matematika di Seoul, yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali.

Yang paling menarik dari empat pemenang nobel tersebut adalah adanya seorang ahli matematika yang menjadi wanita pertama peraih Fields Medal yang prestisius, yang secara luas dipandang sebagai Nobel matematika dia adalah Prof. Maryam Mirzakhani.

Ia pernah memenangkan Penghargaan Blumenthal tahun 2009 untuk bidang Kemajuan Riset Matematika Murni dan Satter Prize American Mathematical Society tahun 2013.

Sebagai seorang ahli geometri bentuk-bentuk tidak umum, Prof. Maryam Mirzakhani  telah menciptakan cara-cara baru untuk mengkalkulasi isi permukaan dengan lengkung aneh.

Prof. Maryam Mirzakhani juga meninggalkan kata-kata untuk kita agar kita tertarik untuk belajar matematika.

“Semakin aku mendalami matematika, semakin tertarik aku kepadanya,” kata Mirzakhani.

Ketika ditanya nasihatnya untuk orang-orang yang tertarik pada matematika, Mirzakhani mengatakan, “Ini pertanyaan sulit. Saya tidak berpikir bahwa setiap orang harus menjadi matematikawan. Saya tahu banyak di antara mereka yang menganggap matematika susah. Saya pernah mendapat nilai jelek ketika SMA. Saya hanya tidak memikirkannya.”

“Tanpa ketertarikan akan matematika, semua seakan sia-sia. Keindahan dari matematika hanya akan terwujud bagi mereka yang tekun mempelajarinya,” tutup Mirzakhani.

Ya itulah orang-orang hebat peraih Nobel Matematika Tahun 2014, tetaplah rajin belajar dan terus semangat mencari ilmu agar kita menjadi orang-orang yang hebat seperti mereka. ^_^

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s