Isamu Akasaki, Hiroshi Amano dan Shuji Nakamura Peraih Nobel Fisika Tahun 2014


Peraih nobel fisika tahun 2014

Pemenang nobel fisika 2014 ini diumumkan dalam suatu konferensi pers di Stockholm, Swedia pada Selasa (7/10/2014) pukul 16.45 WIB.

Isamu Akasaki dan Hiroshi Amano dari Universitas Nagoya Jepang serta Shuji Nakamura dari Universitas California di Santa Barbara, Amerika Serikat, dipilih sebagai peraih penghargaan Nobel Fisika. Mereka terpilih karena menciptakan sumber cahaya baru yang hemat energi dan ramah lingkungan, diode pemancar cahaya biru (blue light-emitting diode) atau yang disebut  LED biru.

Mereka yang pertama kali membuat LED pada awal tahun 1990-an. Selanjutnya teknologi tersebut dikembangkan oleh ilmuwan Amerika Serikat.

Dengan mengkombinasikan sinar biru, merah, dan hijau, temuan ini menghasilkan generasi baru pencahayaan yang lebih hemat energi dibandingkan lampu berwarna putih.

Versi terbaru lampu dengan teknologi LED biru saat ini mampu menghasilkan penerangan 300 luminasi/Watt. Terang yang dihasilkan oleh lampu itu setara dengan 16 lampu pijar dan 70 lampu fluorensens.

Konsumsi material untuk lampu LED biru juga lebih sedikit. Sebabnya, lampu LED biru bisa bertahan hingga 100.000 jam sementara lampu pijar hanya 1.000 jam dan lampu fluorensens 10.000 jam.

Lampu LED biru memberi kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup 1,5 juta orang di dunia yang hingga kini belum terjangkau penerangan. Mereka kini bisa memanfaatkan solar panel mini dengan produksi listrik kecil untuk menerangi lingkungannya.

Isamu Akasaki

Isamu Akasaki peraih nobel fisika 2014

Isamu Akasaki, yang lahir di Chiran, Jepang, pernah menerima US$ 500.000 dari Kyoto Prize pada 2009 untuk pencapaian seumur hidup dalam teknologi canggih karya rintisannya yang dilakukan selama 1980 dalam pengembangan LED biru. Kini, ilmuwan semikonduktor kelahiran 30 Januari 1939 ini adalah profesor di Universitas Nagoya University dan Universitas Meijo.

Hiroshi Amano

Hiroshi amano peraih nobel fisika 2014
Hiroshi Amano yang lahir pada 11 September, 50 tahun silam, adalah profesor di Universitas Nagoya.


Shuji Nakamura

Shuji Nakamura peraih nobel fisika 2014
Shuji Nakamura (60) adalah profesor material kelahiran Jepang yang merupakan warga negara AS. Dia adalah profesor University of California, Santa Barbara, dan memiliki 100 paten.

Hadiah Nobel Fisika sebesar 8 juta kronor Swedia atau sekitar US$ 1,1 juta.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s