Cara menghapus virus Facebook chat 2011 dan cara membasminya


https://nasrulbintang.files.wordpress.com/2011/12/virus.jpg?w=300

Sudah banyak sekali virus2 yang menyerang FB , dan terakhir yang saat ini banyak kita temui adalah virus chat, itu orang yang sering sebut, seperti apa virus itu kerjanya dan bagaimana menghilangkanya, ok cekidot…….

Virus Chat FB ,itulah orang sering menyebutnya, karena virus ini muncul ketika kita login di FB dan muncul dari teman kita dengan mengirimkan link kepada kita, seperti ini:

:Dhttps://i0.wp.com/cossierandi.com/wp-content/uploads/2011/10/Cara-Mudah-Menghapus-Virus-Facebook-Dengan-Norman-Malware.jpghahaha

Sebenarnya ini bukanlah virus,tetapi malware, yang disimpan dalam bentuk MS DOS.

Virus ini dikenali oleh antivirus dengan berbagai nama, misal pada antivirus Norman sebagai W32/Kolab.xx.  atau  Trojanspy, worm:win32/slenfbot.gen!D dan sebagainya. karena setiap antivirus mengenalinya dengan nama berbeda.

yang pada intinya file ini dinamai oleh pembuatnya sebagai file Picture17._www.facebook.com  apapun link yg di sebarkan di kotak chat pasti dalamnya file itu.

Efek virus

Sebenarnya account FB anda tidak akan terinfeksi virus ini dan tidak akan berubah sama sekali, karena pada dasarnya yang terinfeksi adalah komputer kita. dalam komputer kita virus ini akan melakukan beberapa hal, dari membuat profil di firewall kita, agar dia bisa broadcast saat FB kita online. atau lewat YM juga bisa brodcast juga ternyata. maka tak heran YM kita juga akan melakukan broadcast/mengirimkan link ke teman kita yg OL.

Cara menghilangkan virus

Ok,disinilah rekan2  paling penting yang harus kita lakukan jika ternyata kita sudah terinfeksi virus itu.yaitu mencari dimana virus itu ada dan membuangnya jauh2.

Sebelum saya menulis ini kebetulan tadi saya membantu rekan saya yg netbooknya terkena virus itu , ternyata letak aplikasi virus itu ada di

c:windows/system32/wmpknc32.exe

dan tentu saja virus ini sdh melindungi dirinya dari penghapusan biasa.jika kita ke foder itu dan men-delete nya maka dia akan muncul lagi, maka perlu kita lakukan hal sbb:

1.Masuk ke windows safe mode.

2.setting folder dengan show mode,di folder option seperti ini

clik untuk perbesar

3.masuk ke folder c:/windows/system32 dan cari file  wmpknc32.exe  lalu delete,jangan lupa kosongkan recycle bin juga.

4.Klik star,ketikkan di RUN atau kl di windows7 kotak diatas star, tulis msconfig  maka akan muncul kotak  msconfig, pilih dikolom StartUp dan hilangkan centang pada file wmpknc32.exe.

5. kalo masih, silahkan bagi yang memakai windows XP bisa download antivirus NORTON,Kapersky atau yg lainya. Dan bagi yg menggunakan windows7 seperti sy, silahkan install antivirus ampuh yg asli dr microsoft dan tentunya gratis yang bernama microsoft security essential, rekan2  bisa download disini: http://www.microsoft.com/en-id/security_essentials/default.aspx

UPDATE: 20/okt/2011

Setelah saya cek lebih jauh , ternyata virus ini menyembunyikan dirinya di folder Username kita,

file:C:/Users/namaanda/xdddjRsC‚èwˆÌkmpklcgs.exe/kmpklcgs.exe
file:C:/Users/namaanda/xdddjRsC‚èwˆÌkmpklcgs.exe/kmpklcgs.exe
file:C:/Users/namaanda/ytdYBRfaÄ楋Ìkmpklcgs.exe/kmpklcgs.exe
file:C:/Users/namaanda/ytdYBRfaÄ楋Ìkmpklcgs.exe/kmpklcgs.exe

sebenarnya banyak lagi yg ada,itu cm sebagai contoh.

Jika kita buka folrder ile:C:/Users/namaanda/ maka akan ada Folder yg namanya tak beraturan, misal ytdYBRfaÄ楋Ìkmpklcgs.exe  dan itu akan kelihatan tampilanya sebagai folder kalau View mode folder kita pada posisi Hidden . tetapi kalo kita sudah menggantinya dengan cara no 2 diatas, yaitu engaktifkan Show Hidden file extention,maka akan kelihatan kalo Extensinya .exe.

dan didalamnya berisi file inti virus yaitu kmpklcgs.exe   dan semakin lama anda biarkan file ini akan membuat duplikatnya semakin banyak.

Tips agar terhindar dari virus itu

Rekan2 jangan asal klik link yang diberikan kepada teman kita di FB terutama di kotak chat. atau juga di YM. karena skr sudah berjalan di YM juga.

mohon jangan menulis link yg menuju ke virus itu, karena rekan2 malah akan menyebarkan juga virus itu.

Semua yang saya tulis ini berdasarkan pengalaman sy sendiri, jadi kepada para master jika saya ada salah tulis mohon dikoreksi.

Dan sampai saat ini si pembuat virus juga belum diketahui, entah dari pihak saingan FB atau oknum hacker nakal, atau cm iseng saja. yang penting kita agar selalu waspada.

One thought on “Cara menghapus virus Facebook chat 2011 dan cara membasminya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s