Pendaftaran Ujian Saringan Masuk (USM) STAN 2009


Ujian Saringan Masuk (USM) STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada dalam naungan Departemen Keuangan. Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan yang diselenggarakan oleh STAN bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang keuangan dengan spesialisasi tertentu yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan serta keahlian profesional sesuai dengan spesialisasinya dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai dan mencetak kader-kader pengelola keuangan negara pada unit-unit di lingkungan Departemen Keuangan.

Dengan Keputusan Menteri Keuangan No. 71/KMK.05/2008 tanggal 31 Maret 2008 STAN ditetapkan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan PPK BLU (Badan Layanan Umum)

Ujian Saringan Masuk (USM) STAN

USM STAN merupakan kegiatan rutin Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) untuk menyaring para lulusan SLTA dari seluruh bidang studi / bidang keahlian untuk dapat melanjutkan kuliah di STAN. Pendaftaran USM STAN pada Tahun Akademik 2009/2010 kali ini menggunakan metode registrasi elektronik (e-Registrasi) melalui internet dan penyerahan berkas pendaftaran ke tempat pendaftaran yang telah ditentukan.

Secara umum, alur pendaftaran sampai dengan peserta memperoleh bukti peserta ujian (BPU) adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftar mengisi form pendaftaran e-registrasi melalui situs http://usm.stan.ac.id
  2. Selanjutnya pendaftar menyetor biaya pendaftaran USM STAN sebesar Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah) ke rekening Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN di Bank Mandiri Cabang Jakarta Bintaro Jaya dengan nomor rekening 128-00-0554888-5.
  3. Jika Pendaftar telah menyetor biaya pendaftaran USM STAN sebelum mengisi Form Pendaftaran, silakan langsung mengisi Form pendaftaran dengan lengkap dan benar, login dengan username dan password Anda, mengisi keterangan Setoran Bank (tanggal setoran bank, nama bank penyetor, dan kode setoran/validasi bank) dengan cara klik Data Pendaftar dari Menu User dan Edit Penyetoran Pendaftaran. Langsung ke No. 5
  4. Pendaftar mengakses kembali situs http://usm.stan.ac.id untuk mengedit dan melengkapi data keterangan setoran bank.
  5. Pendaftar mencetak Bukti Pendaftaran setelah data valid dan data telah dikunci.
  6. Pendaftar datang ke lokasi penyerahan berkas pendaftaran pada tanggal yang telah ditentukan sesuai dengan pilihan lokasi ujian pada saat mengisi form pendaftaran e-registrasi, dengan membawa berkas:
    1. formulir bukti pendaftaran yang telah dicetak (dapat di-download pada saat proses e-registrasi sudah lengkap).
    2. dokumen persyaratan lainnya untuk dilakukan verifikasi berkas oleh panitia.
  7. Pada saat hari penyerahan berkas tersebut, calon peserta akan mendapatkan Bukti Peserta Ujian (BPU) yang akan digunakan sebagai tanda bukti keikutsertaan pada saat USM berlangsung.

Secara detail, langkah-langkah pendaftaran dapat di lihat disini

 

Program Studi

Program studi yang dapat dipilih adalah Program Diploma I Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai dan Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi Pemerintahan, Administrasi Perpajakan, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, Penilai / PBB dan Pengurusan Piutang Lelang Negara (PPLN). Lebih lengkapnya dapat di klik disini

Pendaftaran ulang dan tes USM STAN dilakukan serentak di 23 lokasi di Indonesia, yaitu Jakarta, Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Makassar, Balikpapan, Manado, Cimahi, Padang, Pontianak, Mataram, Banda Aceh, Jayapura, Sorong, Kupang, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palu, Banjarmasin, Pekanbaru, dan Ambon

sumber: http://usm.stan.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s