Ocular Rosacea (Mata rosacea)


Mata rosacea adalah terkait dengan kondisi peradangan umum yang mempengaruhi kulit wajah dan dada, serta mata. Sedangkan penyebab pasti dari rosacea tidak diketahui, kondisi mungkin terkait dengan kecenderungan mewarisi dan faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari yang berlebihan.

Rosacea terjadi lebih sering pada wanita, tetapi pria lebih cenderung memiliki bentuk parah dari penyakit. Keterlibatan mata dengan rosacea tidak biasa, meskipun tidak ada studi definitif yang menunjukkan betapa banyak orang yang memiliki masalah mata atau kelopak mata ketika mereka didiagnosis dengan kondisi kulit.

Studi terbaru menunjukkan bahwa antara 6 sampai 18 persen dari orang didiagnosis dengan jerawat rosacea – dinamakan demikian karena menyerupai jerawat – juga memiliki gejala okular .* laporan lain mengatakan jumlah pasien dengan gejala rosacea mata bisa setinggi 60 persen.

Rosacea sendiri tampaknya terjadi dalam 1 sampai 10 persen dari populasi umum .**
Gejala pada mata rosacea dan rosacea

Orang dengan rosacea sering memiliki “kemerahan” kulit pada tahap awal, seperti hidung dan pipi kemerahan. Gejala ini sering kemajuan untuk memasukkan pengembangan bergelombang lesi kulit merah, jerawat, dan kecil, kapal berliku-liku dalam kulit yang dikenal sebagai telangiectasias (diucapkan “tel-an-jee-ek-TAY-zee-AHS”).

Yang paling parah kasus rosacea kemajuan kondisi yang disebut rhinophyma (“Rie-tidak-FIE-mah”), di mana kulit menebal bersama dengan jaringan ikat dari hidung. Rhinophyma dapat menghasilkan beberapa derajat cacat.

Bila Anda memiliki rosacea mempengaruhi kulit, Anda mungkin tidak menyadari bahwa mata Anda juga terlibat jika gejala yang menyertai seperti gatal mata dan mata kemerahan relatif ringan.

Orang didiagnosis dengan rosacea mata umumnya memiliki mata kronis merah, mata kering dan blepharitis.

Dalam kasus yang parah mata rosacea, radang kornea dapat menyebabkan ulkus kornea dengan infeksi. Jika tidak diobati, ulkus kornea bahkan mungkin perforasi mata. Ini merupakan komplikasi serius dan berpotensi membutakan.
Perawatan untuk Rosacea pada mata

Pengobatan yang efektif dari rosacea membutuhkan pasien sangat termotivasi bersedia mencurahkan waktu yang diperlukan untuk mengontrol kondisi.

Ketika rosacea okular hadir, pengobatan biasanya terdiri dari langkah-langkah kebersihan yang meliputi pembersihan tutup setiap hari:

* Membasahi Q-tips ini dapat menghilangkan kotoran dan sekresi berminyak.
* Beberapa dokter mata menyarankan dibersihkan dengan sampo bayi encer, sementara yang lain percaya air putih adalah yang terbaik.

Seringkali, kombinasi antibiotik atau salep antibiotik-steroid yang diresepkan untuk berbagai periode waktu, tergantung pada respon. Misalnya, tetrasiklin cenderung bekerja baik untuk rosacea, tidak hanya karena efek antibiotik, tetapi karena tetrasiklin cenderung menurunkan viskositas minyak alami dilepaskan, sehingga mengurangi kelenjar minyak “mencolokkan” yang terjadi dengan penyakit ini.
Jika Anda memiliki rosacea, menghindari ‘pemicu’ seperti makanan pedas dan alkohol, yang dapat menyebabkan peradangan.

Kebanyakan dokter mata akan memberikan resep tetrasiklin long-acting seperti doxycycline, yang dapat diambil sekali atau dua kali sehari. Selanjutnya, doksisiklin, tidak seperti tetrasiklin tradisional, dapat diambil dengan produk makanan dan susu tanpa mencegah penyerapan dalam tubuh.

Sindrom mata kering, yang sering menyertai rosacea, harus diperlakukan dengan non-diawetkan air mata buatan (tetes mata) sesering empat kali sehari atau lebih. Sebuah humidifier rumah juga dapat membantu.

Jika langkah-langkah tidak cukup, busi punctal dapat dengan mudah menutup saluran drainase air mata. Colokan Punctal dapat dihapus jika perlu, tetapi ukuran lain yang mungkin adalah kauter punctal (pembakaran bukaan saluran air mata), yang relatif permanen.

Akhirnya, metronidazol topikal (agen anti-parasit) dapat digunakan pada kulit dan pada orang banyak adalah sangat efektif untuk dermatitis rosacea-terkait. Obat tampaknya memiliki efek anti-inflamasi dan imunosupresif lokal. Karena pengobatan ini tidak tersedia dalam persiapan oftalmik, Anda tidak harus menerapkan obat langsung ke kelopak mata.

Jika Anda memiliki rosacea, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menghindari pemicu yang dapat menyebabkan peradangan, seperti stres, makanan pedas dan alkohol.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s