Lubang makula / macular hole


Ini bisa sangat menakutkan jika visi dalam salah satu mata Anda tiba-tiba menjadi buram dan terdistorsi, yang mungkin terjadi dengan perkembangan lubang makula.

Untuk memahami bagaimana lubang makula terjadi, penting pertama untuk mengetahui sedikit tentang anatomi mata. Makula, di mana lubang kadang-kadang berkembang, adalah tempat yang sangat kecil di tengah bagian belakang mata (retina). Cahaya berfokus ke titik yang tajam pada makula, yang merupakan daerah-satunya mata yang melihat jelas, penglihatan warna (seperti untuk mengemudi atau mengenali wajah).

Makula juga penuh cahaya-sensitif sel yang disebut kerucut. Sisa seluruh retina terdiri dari sel-sel fotosensitif yang disebut batang yang melihat bayangan hitam dan putih, bentuk dan gerakan (seperti untuk night vision dan visi samping).

Karena lubang makula sering berhubungan dengan proses penuaan, mereka lebih mungkin untuk mengembangkan jika Anda lebih dari usia 60. Juga, wanita memiliki risiko sedikit lebih tinggi untuk lubang makula daripada pria.

Ketika lubang makula berkembang, kebanyakan orang melihat penurunan mendadak dalam visi dalam satu mata.
Lubang makula
Orang tua lebih mungkin untuk mengembangkan lubang makula, yang membentuk di bagian belakang bagian dalam mata (retina) di dalam makula, di mana fokus baik terjadi.

Macular lubang, air mata dan kista tidak sama dengan yang lain penyakit mata terkait usia disebut degenerasi makula, yang juga terjadi lebih sering di antara mereka yang berusia lebih dari 60.

Lubang makula dapat terjadi karena:

* Vitreous penyusutan dan / atau pemisahan
* Penyakit diabetes mata
* Tinggi jumlah rabun jauh (miopia)
* Makula mengerut
* Sebuah retina terlepas
* Penyakit Best (mewarisi kondisi kerusakan makula menyebabkan)
* Mata cedera

Lubang makula Disebabkan oleh Vitreous Penyusutan dan / atau Pemisahan

Bagian belakang mata Anda dipenuhi dengan bahan, agak tebal seperti gel yang disebut vitreous humor (juga disebut vitreous body atau vitreous) yang membantu mata Anda tetap bentuknya. Menyusut vitreous jelas dan menjadi lebih likuid dengan penuaan, menyebabkan ia aduk sekitar.

Karena vitreous melekat ke retina dengan untai kecil sel, dapat menarik pada retina karena menyusut. Kadang-kadang, penyusutan ini dapat merobek sepotong kecil dari retina, menyebabkan lubang. Jika ini bagian yang hilang dari retina adalah makula, itu disebut lubang makula.

Penyebab lain langsung dari lubang makula karena penyusutan vitreus adalah ketika untaian tetap melekat pada retina dan melepaskan diri dari vitreous. Untaian dapat kontrak di seluruh makula, menyebabkan makula untuk mengembangkan sebuah lubang dari traksi.

Dalam kedua kasus, cairan vitreous mengembangkan mana menyusut untuk mengisi ruang. Cairan ini bisa meresap ke dalam lubang makula, menyebabkan penglihatan kabur dan terdistorsi.
Lubang makula Progresi

Jika tidak diobati, lubang makula dapat memperburuk dari waktu ke waktu. Lubang makula terjadi dalam tiga tahap:

1. Detasemen foveal – sekitar 50 persen memperburuk tanpa pengobatan.
2. Parsial-ketebalan lubang – sekitar 70 persen memperburuk tanpa pengobatan.
3. Penuh ketebalan lubang – memperburuk sebagian besar tanpa pengobatan.

Sebuah lubang makula kadang-kadang dapat menyelesaikan tanpa intervensi, tetapi yang paling harus diobati untuk mencegah kehilangan penglihatan permanen.
Bedah Lubang makula dan Perbaikan

Sebuah vitrectomy adalah pengobatan yang paling umum untuk lubang makula. Dalam operasi ini, seorang spesialis retina menghilangkan vitreous gel untuk menghentikannya dari menarik pada retina. Kemudian menyisipkan spesialis campuran udara dan gas ke ruang angkasa sekali diduduki oleh vitreous.

Ini gelembung udara dan gas menempatkan tekanan pada tepi lubang makula, yang memungkinkan untuk menyembuhkan.

Sementara gelembung melakukan tugasnya, Anda harus berbaring menghadap ke bawah sehingga gelembung tetap di tempat yang tepat di mata, kadang-kadang selama dua sampai tiga minggu! Meskipun bisa sangat membosankan dan menjengkelkan untuk tinggal diam begitu lama, pendekatan ini mutlak diperlukan bagi Anda untuk mencapai visi terbaik setelah pengobatan.

Gelembung gas / udara secara bertahap hilang dari waktu ke waktu, dan cairan mata alami mengambil tempat sementara lubang penyembuhan.

Risiko operasi vitreous termasuk infeksi dan ablasi retina, baik yang dapat diobati. Risiko yang paling umum, bagaimanapun, adalah pengembangan katarak. Katarak biasanya terjadi agak cepat setelah vitrectomy, tetapi mereka dapat dihapus setelah mata telah sembuh.

Jika Anda telah menjalani operasi untuk lubang makula menggunakan gelembung gas, Anda tidak akan dapat bepergian dengan udara untuk beberapa bulan, karena gas dapat memperluas dengan perubahan tekanan, menyebabkan kerusakan mata.

Orang yang memiliki lubang makula pada satu mata memiliki kesempatan lebih tinggi (sekitar 10 persen) mengembangkan lubang makula pada mata mereka yang lain pada suatu waktu dalam hidup mereka. Oleh karena itu, Anda harus memiliki ujian mata secara teratur sebagaimana ditentukan oleh dokter mata Anda untuk menangkap masalah awal.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s