mata okular Migren (Ophthalmic atau Mata Migren)


Migren okular yang menimbulkan rasa sakit, gangguan visual sementara yang dapat mempengaruhi satu atau kedua mata. Meskipun mereka bisa menakutkan, migrain mata biasanya tidak berbahaya dan menyelesaikan sendiri tanpa pengobatan dalam waktu 20 sampai 30 menit.

Istilah lain yang digunakan oleh dokter mata untuk menggambarkan migrain okular termasuk migrain mata, migrain dan migrain retina mata.

Jika mata-seperti gangguan migrain visi diikuti oleh berdenyut, sakit kepala satu sisi, ini disebut “migrain dengan aura” (sebelumnya disebut migren klasik), dan gangguan visual disebut sebagai aura bukan suatu mata migrain.

Sakit kepala migrain tanpa gangguan visual sebelumnya itu disebut “migrain tanpa aura” (sebelumnya disebut migren umum).

Migrain biasanya aura visual dalam alam, tetapi mereka dapat termasuk gangguan pendengaran, pembicaraan atau berbau; mati rasa atau kesemutan progresif di wajah atau lengan atau kaki, atau kelemahan umum.

Migrain mata menyakitkan dapat muncul tiba-tiba, menciptakan sensasi melihat melalui jendela retak. Distorsi visual yang menyertai menyebar di seluruh bidang visi dan biasanya menghilang dalam waktu 30 menit.
Gejala pada mata Migrain

Orang dengan migrain okular dapat memiliki berbagai gejala visual.

Anda mungkin melihat kecil, memperbesar blind spot (skotoma) dalam visi pusat Anda dengan terang, lampu berkedip atau berkedip (scintillations), atau bergelombang atau zig-zag garis mengelilingi blind spot. Blind spot biasanya membesar dan dapat bergerak di bidang visi Anda.

Fenomena seluruh migrain mungkin berakhir hanya dalam beberapa menit, tetapi biasanya berlangsung sampai 30 menit.

Sekitar 60 persen penderita migrain juga mengalami “prodrom” yang terjadi hari atau minggu sebelum serangan migren. Gejala prodromal migrain bisa halus dan mungkin termasuk perubahan dalam suasana hati, keinginan untuk makanan tertentu, atau perasaan umum lelah.
Apa Penyebab suatu Migrain okuler?

Migren okular diyakini memiliki penyebab yang sama seperti sakit kepala migrain.

Menurut World Health Organization (WHO), migrain “hampir pasti” memiliki dasar genetik, dan beberapa studi mengatakan 70 persen orang yang menderita gangguan memiliki riwayat keluarga sakit kepala migrain.

Tampaknya migrain dipicu oleh aktivasi dari mekanisme yang mendalam di otak, yang melepaskan zat peradangan di sekitar saraf dan pembuluh darah kepala dan otak. Tapi mengapa hal ini terjadi dan apa yang membawa tentang resolusi spontan dari migrain mata tetap tidak diketahui.

Studi pencitraan juga telah mengungkapkan bahwa perubahan dalam aliran darah ke otak terjadi selama migrain okular dan aura visual, tetapi penyebab yang mendasari perubahan ini tidak diketahui.

Migrain paling sering mempengaruhi orang dewasa berusia 30-an dan 40-an, namun mereka sering mulai pada pubertas dan juga dapat mempengaruhi anak-anak. Perempuan yang sampai tiga kali lebih mungkin dibandingkan pria memiliki migrain. Meskipun statistik khusus untuk migrain okular tidak tersedia, sekitar 15 sampai 18 persen wanita dan 6 persen pria di Amerika Serikat menderita sakit kepala migrain, menurut WHO.

Migrain umum “pemicu” yang dapat menyebabkan seseorang rentan untuk memiliki serangan migren (termasuk migrain oftalmik atau okular) termasuk makanan tertentu, seperti keju tua, minuman berkafein, anggur merah, daging asap, dan coklat. Makanan tambahan, seperti monosodium glutamat (MSG), dan pemanis buatan juga dapat memicu migrain pada beberapa individu.

Lain pemicu migren potensial termasuk asap rokok, parfum dan bau kuat lainnya, melotot atau berkedip lampu, kurang tidur dan stres emosional.
Migrain okular Pengobatan dan Pencegahan

Karena mereka umumnya tidak berbahaya dan biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu setengah jam, migrain okular biasanya tidak memerlukan pengobatan.

Jika anda mengemudi atau melakukan tugas-tugas lain yang membutuhkan visi yang baik ketika sebuah migrain okular terjadi, hentikan apa yang Anda lakukan dan bersantai sampai visi Anda kembali normal. (Jika anda mengemudi, tarik ke sisi jalan secepat Anda dapat melakukannya dengan aman, dan menunggu untuk gangguan penglihatan untuk benar-benar lulus.)

Jika Anda mengalami gangguan visual yang merupakan bagian dari migren dengan aura, atau Anda ingin mencegah migren oftalmik masa depan atau serangan migrain, itu ide yang baik untuk melihat dokter umum Anda untuk ujian dan saran.

Juga, Anda harus mempertimbangkan memiliki pemeriksaan mata yang komprehensif dengan dokter mata atau dokter mata setiap kali Anda mengalami gejala visi yang tidak biasa untuk menyingkirkan pandangan-mengancam kondisi seperti retina terpisah, yang membutuhkan perhatian segera.

Dokter dapat menyarankan Anda tentang obat-obatan terbaru untuk mengobati migrain, termasuk obat-obatan yang dirancang untuk mencegah serangan di masa depan. Orang yang mengalami migrain yang bertahan lebih lama dari 24 jam atau yang memiliki lebih dari dua migrain per bulan umumnya adalah kandidat yang baik untuk perawatan medis pencegahan.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk membuat jurnal dari diet Anda dan kegiatan hanya sebelum Anda episode migrain mata atau migrain dengan aura untuk melihat apakah Anda dapat mengidentifikasi pemicu migrain kemungkinan bahwa Anda dapat menghindari di masa depan.

Jika mata Anda migrain atau sakit kepala migrain tampaknya berhubungan dengan stres, Anda mungkin bisa mengurangi frekuensi serangan migrain tanpa obat-obatan dengan hanya makan makanan sehat secara teratur, menghindari pemicu migrain yang umum, mendapatkan banyak tidur dan mencoba stres seperti yoga dan pijat-busters.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s