Strabismus


Strabismus adalah kegagalan dari dua mata untuk menjaga keselarasan dan bekerja sama sebagai sebuah tim.

Jika Anda memiliki strabismus, satu mata terlihat langsung pada objek yang sedang Anda lihat, sedangkan mata lainnya adalah sejajar ke dalam (Esotropia, “menyeberang mata” atau “juling”), keluar (exotropia atau “dinding-mata”), atas (hipertropia) atau ke bawah (hypotropia).

Strabismus dapat konstan atau intermiten. Misalignment juga selalu dapat mempengaruhi mata yang sama (strabismus unilateral), atau dua mata dapat mengambil bergantian menjadi sejajar (alternating strabismus).

Untuk mencegah penglihatan ganda dari strabismus masa kanak-kanak dan awal bawaan, otak mengabaikan masukan visual dari mata yang bergulir, yang biasanya menyebabkan amblyopia atau “mata malas” di mata itu.

Menurut American Association for Pediatric Ophthalmology dan Strabismus, sekitar 4 persen dari penduduk AS telah melewati mata atau beberapa jenis lainnya dengan strabismus.
Strabismus Gejala dan Tanda

Tanda utama juling adalah misalignment terlihat dari mata, dengan satu mata balik dalam, keluar, naik, turun atau pada sudut miring.

Ketika misalignment dari mata besar dan jelas, strabismus disebut “sudut-besar,” mengacu pada sudut deviasi antara garis pandang mata lurus dan bahwa dari mata yang bergulir. Ternyata mata kurang jelas disebut sudut-kecil strabismus.

Biasanya, konstan sudut-besar strabismus tidak menyebabkan gejala seperti ketegangan mata dan sakit kepala karena hampir tidak ada upaya oleh otak untuk meluruskan mata. Karena itu, sudut-besar biasanya menyebabkan amblyopia strabismus parah di mata berubah jika tidak diobati.
Dalam kebanyakan kasus, satu-satunya pengobatan yang efektif untuk mengubah mata konstan adalah operasi strabismus.
Esotropia (mata juling) perlu diobati dini dalam hidup untuk mencegah ambliopia.

Kasus kurang terlihat dari sudut-kecil juling lebih mungkin menyebabkan gejala visual mengganggu, terutama jika strabismus adalah intermiten atau bergantian. Selain sakit kepala dan ketegangan mata, gejala dapat mencakup ketidakmampuan untuk membaca dengan nyaman, kelelahan saat membaca dan tidak stabil atau “gelisah” visi. Jika sudut-kecil strabismus adalah konstan dan unilateral, dapat menyebabkan amblyopia signifikan pada mata yang berdeviasi.

Kedua Strabismus sudut-besar dan kecil-sudut psikologis dapat merusak dan mempengaruhi harga diri anak-anak dan orang dewasa dengan kondisi tersebut, karena mengganggu dengan kontak mata normal dengan orang lain, sering menyebabkan rasa malu dan kecanggungan.

Bayi yang baru lahir sering memiliki mata juling intermiten karena pembangunan visi lengkap, tapi ini sering menghilang sebagai bayi tumbuh dan sistem visual terus matang. Sebagian besar jenis strabismus, bagaimanapun, tidak menghilang sebagai seorang anak tumbuh.

Pemeriksaan mata rutin anak-anak adalah cara terbaik untuk mendeteksi strabismus. Umumnya, strabismus sebelumnya adalah terdeteksi dan diobati mengikuti ujian mata anak, semakin sukses ourcome tersebut. Tanpa pengobatan, anak Anda mungkin mengembangkan penglihatan ganda, amblyopia atau gejala visual yang dapat mengganggu dengan membaca dan belajar di kelas.
Apa Penyebab Strabismus?

Setiap mata memiliki enam otot eksternal (disebut otot luar mata) bahwa mata mengontrol posisi dan gerakan. Untuk visi berkenaan dgn teropong yang normal, posisi, kontrol saraf dan fungsi otot-otot ini untuk kedua mata harus terkoordinasi dengan sempurna.

Strabismus terjadi ketika ada masalah neurologis atau anatomis yang mengganggu kontrol dan fungsi otot-otot luar mata. Masalahnya mungkin berasal dari otot itu sendiri, atau pada saraf atau pusat penglihatan di otak yang mengontrol penglihatan binokular.

Genetika juga mungkin memainkan peran: Jika Anda atau pasangan Anda memiliki strabismus, anak-anak Anda memiliki risiko lebih besar terkena strabismus juga.

Kadang-kadang, ketika seorang anak mencoba untuk fokus berpandangan jauh untuk mengimbangi rabun jauh tidak dikoreksi, ia akan mengembangkan jenis juling disebut Esotropia akomodatif, di mana mata salib karena usaha fokus berlebihan. Kondisi ini biasanya muncul sebelum usia 2 tahun tetapi bisa juga terjadi kemudian di masa kanak-kanak. Seringkali, Esotropia akomodatif dapat sepenuhnya dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak.

Bedah Strabismus

Dalam kebanyakan kasus, satu-satunya pengobatan yang efektif untuk mengubah mata konstan adalah operasi strabismus. Jika dokter mata umum Anda menemukan bahwa anak Anda telah strabismus, ia dapat merujuk Anda ke dokter mata yang mengkhususkan diri dalam operasi strabismus.
Dalam kebanyakan kasus, satu-satunya pengobatan yang efektif untuk mengubah mata konstan adalah operasi strabismus.

Keberhasilan operasi strabismus tergantung pada banyak faktor, termasuk arah dan besarnya pergantian mata. Dalam beberapa kasus, lebih dari satu operasi mungkin diperlukan. Dokter bedah strabismus dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang ini selama konsultasi pra-bedah.

Operasi strabismus juga secara efektif dapat meluruskan mata orang dewasa dengan lama strabismus. Dalam kebanyakan kasus strabismus dewasa, bagaimanapun, tingkat signifikan amblyopia akan tetap bahkan setelah mata yang terkena dengan benar selaras. Inilah sebabnya mengapa perawatan dini juling yang sangat penting.

Para strabismus sebelumnya diperlakukan pembedahan, semakin besar kemungkinan itu adalah bahwa mata yang terkena akan mengembangkan ketajaman visual normal dan dua mata akan berfungsi sama dengan baik sebagai sebuah tim.
Non-Bedah Strabismus Pengobatan

Dalam beberapa kasus Strabismus intermiten dan sudut-kecil, dimungkinkan untuk meningkatkan keterpaduan mata non-pembedahan dengan terapi visi.

Sebagai contoh, insufisiensi konvergensi (CI) adalah jenis khusus dari exotropia intermiten di mana mata biasanya menyelaraskan dengan benar saat melihat sebuah objek yang jauh, tetapi gagal untuk mencapai atau menjaga keselarasan yang tepat ketika melihat objek yang dekat, seperti ketika membaca, sehingga dalam satu mata melayang ke luar. Insufisiensi konvergensi dapat mengganggu baca yang nyaman, menyebabkan ketegangan mata, penglihatan kabur, penglihatan ganda dan sakit kepala.

Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa CI bisa mengganggu kinerja akademik, dan sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti dari Mayo Clinic menemukan bahwa anak-anak dengan exotropia (termasuk insufisiensi konvergensi) pada usia dini secara signifikan lebih mungkin untuk mengembangkan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) , gangguan penyesuaian dan ketidakmampuan belajar awal masa dewasa .*

Juga, lain Mayo Clinic studi yang dipublikasikan pada tahun 2010 diikuti 135 anak dengan exotropia intermiten selama periode 20 tahun dan menemukan bahwa sedikit lebih dari 90 persen dari anak-anak menjadi rabun jauh pada saat mereka mencapai usia 20 .**

Penelitian terbaru menunjukkan terapi non-bedah visi dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk insufisiensi konvergensi. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology, 73 persen dari 221 anak-anak dengan gejala insufisiensi konvergensi memiliki hasil yang sukses atau ditingkatkan mengikuti program 12-minggu berbasis kantor terapi visi dikombinasikan dengan senam mata dilakukan di rumah .***

Kadang-kadang, seorang ahli bedah strabismus dapat merekomendasikan sebuah program terapi visi untuk periode waktu setelah operasi untuk mengobati juling dan amblyopia masalah penglihatan binokular kecil yang mungkin tetap setelah operasi. Dalam kasus ini, istilah “orthoptics” (“orto” = lurus; “optik” = mata) daripada “terapi visi” dapat digunakan untuk menggambarkan pengobatan ini, yang mungkin disediakan oleh orthoptist bekerja sama dengan dokter bedah daripada oleh dokter mata.
Pertanyaan

Ketika konsultasi dengan dokter mata atau ahli bedah strabismus sebelum perawatan, berikut adalah beberapa pertanyaan penting untuk bertanya:

* Jika operasi dianjurkan, menanyakan apakah salah satu operasi akan cukup atau jika prosedur tambahan yang mungkin diperlukan.
* Tanyakan pada ahli bedah mata tentang tingkat keberhasilan untuk jenis strabismus dan operasi ia merekomendasikan.
* Tanyakan apa kriteria yang digunakan untuk menentukan apakah pengobatan ini sukses. Dengan kata lain, adalah “kesuksesan” didefinisikan sebagai mengurangi pergantian mata sehingga mata lebih baik selaras dan tampak lebih alami dalam penampilan, atau keberhasilan didefinisikan sebagai mata yang sempurna sejalan dengan ketajaman visual yang normal, mata teaming dan persepsi kedalaman.
* Untuk dokter mata atau orthoptists, bertanya tentang tingkat keberhasilan, kemungkinan durasi dan biaya terapi visi (atau orthoptics).
* Tanyakan apa sebagian dari biaya perawatan bedah atau non-bedah untuk strabismus tercakup oleh asuransi kesehatan atau asuransi visi.

Ingat, anak-anak tidak “mengatasi” strabismus. Untuk hasil visual terbaik dan untuk mencegah keterlambatan perkembangan dan masalah lainnya, mencari pengobatan untuk strabismus sesegera mungkin.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s