Diet Sehat Dapatkah Mencegah katarak


Katarak terkait usia merupakan penyebab utama kebutaan di dunia saat ini. Saat ini, pengobatan hanya untuk katarak adalah operasi pengangkatan lensa berawan, yang biasanya kemudian diganti dengan lensa intraokular (IOL) selama operasi katarak.
Sedangkan penyebab pasti katarak tidak diketahui, para ahli percaya bahwa kerusakan stres oksidatif enzim tertentu dan protein dalam lensa alami mata, yang menyebabkan lensa menjadi keruh.
Dan meskipun beberapa penelitian telah menghasilkan hasil yang bertentangan, makan makanan yang sehat yang kaya akan antioksidan dan vitamin tertentu telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian dikaitkan dengan penurunan risiko katarak atau perkembangan mereka.Diet Stres, oksidatif dan Katarak
Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara radikal bebas roaming merusak tubuh dan antioksidan yang menjaga mereka di cek. Radikal bebas adalah atom atau kelompok atom (molekul) yang sangat reaktif dengan atom dan molekul lainnya karena mereka memiliki elektron tidak berpasangan.
Dalam tubuh, radikal bebas biasanya merupakan molekul oksigen yang menstabilkan diri dengan mengambil elektron dari molekul lain, yang pada gilirannya mencoba untuk mengambil elektron dari molekul lain, dan seterusnya.
Radikal bebas merusak tubuh dengan mencuri elektron dari sel-sel normal yang sehat organ dan jaringan lain. Proses mencuri elektron dari sel-sel sehat yang disebut oksidasi.
Di mata, mempengaruhi oksidasi protein dan lemak dalam lensa sejauh bahwa lensa menjadi rusak dan berawan, menciptakan katarak. Mencegah kerusakan radikal bebas dengan makanan sehat, terutama yang mengandung antioksidan, dapat membantu memperlambat proses ini.
Radikal bebas yang merusak mata kita dan seluruh tubuh dapat berasal dari makan makanan yang tidak sehat, paparan polusi atau bahan kimia, merokok dan radiasi ultraviolet. Beberapa radikal bebas terjadi dari metabolisme normal sehari-hari, yang berarti bahkan orang-orang yang tidak memiliki faktor-faktor risiko perlu antioksidan yang ditemukan dalam makanan sehat.Makanan Sehat dan Pencegahan Katarak
Orang yang secara konsisten mengikuti diet sehat yang mencakup buah berwarna-warni, sayuran dan biji-bijian mungkin menunjukkan penurunan risiko katarak. Antioksidan vitamin dan fitokimia yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang dapat mengurangi risiko katarak meliputi vitamin A, C dan E, lutein dan zeaxanthin.
Konsumsi ikan, yang tinggi omega-3 asam lemak, juga telah dikaitkan dengan risiko berpotensi mengurangi katarak atau perkembangan mereka.
Berikut adalah contoh dari penelitian terbaru yang menunjukkan diet sehat dan vitamin mata khusus dapat membantu mencegah katarak:

* Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Investigative Ophthalmology & Visual Science pada bulan Juni 2010, para peneliti di Australia menemukan bahwa diet tinggi karbohidrat dapat meningkatkan risiko katarak. Evaluasi kebiasaan makan lebih dari 1.600 orang dewasa mengungkapkan bahwa individu-individu dalam 25 persen teratas untuk asupan karbohidrat total memiliki lebih dari tiga kali risiko katarak dibandingkan dengan 25 persen terendah untuk asupan karbohidrat.
* Sebuah studi besar wanita dewasa di Iowa, Wisconsin dan Oregon diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology pada Juni 2010 menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya dalam berbagai vitamin dan mineral dapat membantu menunda perkembangan katarak. Dalam studi sebelumnya diterbitkan dalam jurnal yang sama pada Maret 2008, para peneliti yang sama menemukan diet yang kaya akan lutein dan zeaxanthin yang sedang terkait dengan penurunan prevalensi katarak pada wanita yang lebih tua.
* Sebuah studi 10 tahun lebih yang 2.400 orang dewasa di Australia yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada bulan Juni 2008 menemukan bahwa asupan tinggi vitamin C atau asupan gabungan dari beberapa antioksidan mengurangi risiko katarak pada populasi ini. (Namun, sebuah studi jangka panjang yang lebih baru dari wanita Swedia berusia 49-83 yang diterbitkan dalam jurnal yang sama pada bulan Februari 2010 menunjukkan suplemen vitamin C mungkin terkait dengan risiko yang lebih tinggi yang berkaitan dengan usia katarak.)
* Sebuah studi Jepang dari 88 mata dengan katarak diterbitkan di British Journal of Ophthalmology pada bulan Agustus 2009 terkait pembentukan katarak dengan stres oksidatif yang berhubungan dengan penurunan kadar antioksidan dalam lensa mata ini.
* Sebuah studi besar profesional kesehatan perempuan yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard Medical School, Harvard School of Public Health dan Boston Veterans Affairs Healthcare System diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology pada Januari 2008 menemukan bahwa diet tinggi asupan lutein, zeaxanthin dan vitamin E dari makanan dan suplemen berhubungan dengan risiko secara signifikan menurun katarak.
Sementara semua nutrisi, antioksidan dan fitokimia yang terkait dengan pencegahan katarak di ini dan penelitian lain dapat ditemukan dalam suplemen vitamin mata dan visi, banyak ahli percaya bahwa zat harus diperoleh dari diet sehat, bukan dari suplemen gizi.
Tetapi jika Anda seperti kebanyakan orang Amerika, diet harian Anda mungkin kurang nutrisi kunci. Oleh karena itu, adalah bijaksana untuk mempertimbangkan untuk mengambil satu atau lebih suplemen gizi harian untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan.
Sebelum memulai rejimen vitamin mata dan suplemen nutrisi lainnya, berkonsultasi dengan dokter mata atau dokter mata. Dalam beberapa kasus, mengambil terlalu banyak vitamin tertentu atau nutrisi dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.Sebuah diet yang mencakup banyak buah-buahan dan sayuran dapat mengurangi risiko katarak di kemudian hari.Sebuah diet yang mencakup banyak buah-buahan dan sayuran dapat mengurangi risiko katarak di kemudian hari.Bentuk Up Diet Anda untuk Visi Baik
Jadi persis apa yang diet yang sehat?
Diet sehat yang menyediakan nutrisi yang baik untuk kesehatan mata meliputi 5-9 porsi buah dan sayuran setiap hari, setidaknya tiga porsi 100 persen gandum utuh setiap hari dan dua porsi ikan setiap minggu. Total kalori yang dikonsumsi harus cukup untuk menjaga Anda pada berat badan yang sehat, berdasarkan tingkat aktivitas individu dan metabolisme.
Buah hijau dan berwarna gelap dan sayuran adalah sumber besar mata-ramah antioksidan. Mereka juga mengandung asam folat dan kalsium – nutrisi penting yang juga dapat membantu mengurangi risiko katarak dan harus dimasukkan dalam diet sehat.
Untuk mempertahankan diet yang sehat, adalah sama penting untuk menghindari makanan yang digoreng, makanan olahan dan makanan ringan bergula dan minuman ringan – yang semuanya tampaknya terkait dengan peningkatan risiko katarak, serta obesitas dan masalah kesehatan lainnya.
Mengurangi sodium dalam diet Anda juga merupakan ide yang baik, sebagai peneliti di University of Sydney (Australia) telah menemukan bukti bahwa asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan resiko untuk katarak.
Menyerah berminyak makanan cepat saji, keripik, makanan ringan bergula dan minuman ringan mungkin tidak mudah. Tapi itu sia-sia. Setelah Anda terbiasa makan buah-buahan lezat dan sayuran, ikan segar dan makanan sehat lainnya, Anda tidak akan kehilangan makanan sampah. Dan hadiah Anda mungkin saja baik tubuh sehat dan seumur hidup visi yang baik.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s