kornea ulkus


Sebuah ulkus kornea biasanya terjadi sebagai mata, merah menyakitkan, dengan ringan sampai berat dan visi debit berkurang.

Hasil kondisi dari infeksi lokal kornea, mirip dengan abses.
Penyebab ulkus kornea

Kebanyakan kasus ulkus kornea yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang kornea – sering mengikuti cedera mata, trauma atau kerusakan lainnya.

Pemakai lensa kontak sangat rentan terhadap iritasi mata yang dapat menyebabkan ulkus kornea. Lensa kontak ini dapat bergesekan permukaan mata, menciptakan rusak ringan pada epitel yang dapat memungkinkan bakteri untuk menembus mata.

Jika Anda seorang pemakai lensa kontak, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk menghindari ulkus kornea dengan berlatih kebersihan baik seperti mencuci tangan sebelum menangani lensa dan mengikuti tips keamanan lainnya.

Selain infeksi bakteri, penyebab lain dari ulkus kornea adalah jamur dan parasit, seperti:

Infeksi atau trauma dapat menyebabkan ulkus kornea.

* Fusarium. Jamur ini telah dikaitkan dengan wabah keratitis jamur antara pemakai lensa kontak yang menggunakan jenis tertentu dari solusi lensa kontak. Sekarang ditarik dari pasar, solusi ini lensa kontak sebelumnya gagal untuk mencegah jenis infeksi.
* Acanthamoeba. Parasit ini umum dapat memasuki mata dan menyebabkan keratitis Acanthamoeba, infeksi mata yang sangat serius yang dapat mengakibatkan jaringan parut kornea permanen dan kehilangan penglihatan. Mikroorganisme Acanthamoeba biasanya ditemukan di air keran, kolam renang, kolam air panas dan sumber air lainnya.

Pemakai lensa kontak yang gagal untuk menghapus lensa mereka sebelum berenang signifikan meningkatkan resiko mereka untuk ulkus kornea dari keratitis Acanthamoeba.

Penyebab lain dari ulkus kornea adalah infeksi virus herpes simpleks (herpes okuler), yang dapat merusak lapisan eksterior dan kadang-kadang bahkan lebih dalam dari permukaan mata.

Penyebab lain dari ulkus kornea yang mata sangat kering, alergi dan infeksi mata umum luas. Gangguan sistem kekebalan tubuh dan penyakit inflamasi seperti multiple sclerosis dan psoriasis juga dapat menyebabkan ulkus kornea.
Evaluasi & Pengobatan Ulkus Kornea

Langkah yang paling penting jika Anda menduga Anda memiliki ulkus kornea adalah kunjungan langsung ke dokter mata Anda. Jika tidak, ulkus kornea yang tidak diobati dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang parah dan bahkan kehilangan mata.

Jika dokter Anda mencurigai bahwa bakteri merupakan penyebab ulkus kornea anda, biasanya pengobatan termasuk aplikasi sering antibiotik topikal, dengan atau tanpa budaya awal.

Lokasi dan ukuran ulserasi akan memandu dokter mata Anda dalam menentukan kebutuhan budaya. Kebanyakan dokter mata melihat pasien dengan ulkus kornea setiap satu sampai tiga hari, tergantung pada keparahan kondisi.

Jika ulkus berada dalam kornea sentral, kondisi biasanya memakan waktu lebih lama untuk pergi, dan visi dapat dikurangi secara permanen karena jaringan parut. Sayangnya, kerusakan permanen dan kehilangan penglihatan dapat terjadi bahkan jika kondisi ini diidentifikasi dan diobati dini.

Jika Anda pernah mengalami trauma pada mata, dokter Anda mungkin mencurigai ulserasi dari keratitis jamur, terutama ketika mata Anda telah mengalami bahan organik seperti dari cabang pohon. Dalam kebanyakan kasus dari jenis ulkus kornea, mata sudah terganggu oleh kondisi yang sudah ada, seperti gangguan kekebalan tubuh.

Dokter Anda akan mendiagnosis keratitis jamur hanya dengan evaluasi mikroskopis dari spesimen khusus bernoda atau budaya. Dia atau dia akan mengelola agen anti-jamur, kadang-kadang baik topikal untuk mata dan lisan, tergantung pada tingkat keparahan ulserasi tersebut. Prognosis untuk penglihatan yang baik tergantung pada sejauh mana infeksi.

Bahkan jika terdeteksi dini dan dikelola dengan baik, beberapa kasus ulkus kornea akan membutuhkan transplantasi kornea (keratoplasty menembus).

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s