Cara Hidup Dengan penglihatan rendah (Low Vision)


Hidup dengan low vision dapat menantang, meskipun banyak perangkat yang tersedia untuk membantu orang dengan kondisi ini menggunakan penglihatan yang tersisa mereka untuk keuntungan terbesar.

Eye profesional perawatan menggunakan “low vision” istilah untuk menggambarkan gangguan penglihatan yang signifikan yang tidak dapat dikoreksi dengan kacamata standar, lensa kontak, obat atau operasi mata.

Low vision termasuk kehilangan terbaik dikoreksi ketajaman visual – ke tingkat lebih buruk daripada 20/60 di mata yang lebih baik, diukur dengan grafik mata standar – atau kerugian bidang visual seperti penglihatan terowongan atau bintik-bintik buta. Hal ini juga menggambarkan kebutaan hukum dan kebutaan hampir total.

Low vision memiliki berbagai penyebab, termasuk penyakit cedera mata, dan keturunan. Kadang-kadang low vision melibatkan kurangnya ketajaman, yang berarti bahwa obyek tampak kabur. Kali lain, ia melibatkan kerugian yang signifikan penglihatan perifer dan bidang visual. Gejala lain dari low vision meliputi sensitivitas cahaya, penglihatan terdistorsi atau kehilangan kontras.

Penglihatan seseorang dengan penglihatan rendah dapat kabur dari katarak, kabur atau dikaburkan dalam sebagian zona penglihatan pusat karena degenerasi makula atau terdistorsi dan / atau kabur dari retinopati diabetik. Juga, orang dengan glaukoma atau retinitis pigmentosa bisa kehilangan penglihatan tepi mereka dan memiliki kesulitan melihat di malam hari.

Anak-anak maupun orang dewasa dapat tunanetra, kadang-kadang sebagai hasil dari cacat lahir atau cedera. Tapi low vision lebih sering menimpa orang dewasa dan manula. Kehilangan penglihatan dapat sangat traumatis, menyebabkan frustrasi dan depresi.

Banyak orang yang mengembangkan masalah mata yang menyebabkan penglihatan rendah kehilangan pekerjaan mereka. Menurut Lighthouse International, antara Amerika tunanetra usia 21-64, hanya 43,7 persen bekerja. Di antara orang-orang biasanya terlihat di kelompok usia ini, 80 persen bekerja.

Tidak bisa mengemudi dengan aman, membaca dengan cepat atau dengan mudah melihat gambar pada layar televisi atau komputer dapat menyebabkan orang dengan low vision merasa mematikan dari dunia. Mereka mungkin tidak dapat untuk berkeliling kota secara mandiri, mencari nafkah atau bahkan berbelanja makanan dan kebutuhan lainnya.

Beberapa orang tunanetra menjadi sepenuhnya tergantung pada teman dan kerabat, sementara yang lain menderita sendirian.

Itu memalukan, karena banyak perangkat cerdas visi rendah dan strategi yang ada untuk membantu orang mengatasi gangguan penglihatan dan hidup mandiri.
Acrobat LCD video yang kaca pembesar dari Visi Ditingkatkan
Video kaca pembesar portabel FarView dari Optelec
Atas: Anda dapat menggunakan kaca pembesar Acrobat video yang serbaguna LCD dari Visi Peningkatan untuk membaca, menulis dan self-melihat. Bawah: Para pembesar video portabel FarView dari Optelec telah sampai dengan 90X zoom, dapat menyimpan gambar dan dapat terhubung ke layar komputer atau video. Untuk closeups, silahkan klik pada foto.

Jika Anda memiliki gangguan penglihatan yang mengganggu kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan menikmati hidup, langkah pertama Anda adalah untuk melihat seorang profesional perawatan mata untuk pemeriksaan mata lengkap.

Visi miskin yang tidak dapat dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak bisa menjadi tanda pertama dari penyakit mata yang serius seperti yang berkaitan dengan usia degenerasi makula, glaukoma atau retinitis pigmentosa. Atau bisa berarti Anda sedang mengembangkan sebuah katarak yang perlu penghapusan. Apapun masalahnya, adalah bijaksana untuk mengambil tindakan sebelum terjadi kehilangan penglihatan lebih lanjut.

Jika dokter mata Anda menemukan bahwa Anda memiliki kehilangan penglihatan yang tidak dapat dikoreksi dengan kacamata, pengobatan medis atau operasi, ia dapat merujuk Anda ke dokter spesialis low vision.

Biasanya dokter mata, spesialis low vision dapat mengevaluasi tingkat dan jenis kehilangan penglihatan Anda miliki, meresepkan bantu visi yang tepat rendah seperti bantu, bantu teleskop dan video, dan membantu Anda mempelajari bagaimana menggunakan alat bantu low vision.

Spesialis low vision juga dapat merekomendasikan non-optik perangkat adaptif, seperti besar-wajah bahan cetak, kaset audio, lampu khusus dan tanda tangan untuk menandatangani panduan cek dan dokumen.

Jika perlu, Anda atau dokter spesialis mata juga bisa merujuk Anda ke seorang konselor atau kesehatan mental profesional untuk membantu Anda mengatasi dengan penglihatan yang kurang.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s