Apa itu Lensa Kontak…?


Lensa kontak adalah potongan-potongan plastik yang ajaib memungkinkan Anda untuk melihat tanpa kacamata. Dalam kebanyakan kasus, lensa kontak yang digunakan sebagai pengganti kacamata, memungkinkan Anda untuk membuang mereka. Lensa kontak juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit mata tertentu atau dapat digunakan untuk tujuan kosmetik untuk mengubah warna jelas mata Anda.

Sukses kontak-lensa pakai membutuhkan “kemitraan” antara bugar, yaitu, dokter mata, dokter mata, atau mungkin ahli optik, dan Anda, pemakainya.

Bugar harus terlebih dahulu memutuskan apakah mata Anda cukup sehat untuk memakai lensa kontak. Jika demikian, bugar kemudian sesuai dengan lensa yang tepat untuk mata Anda dan kebutuhan Anda dan mengajarkan Anda bagaimana menggunakan dan merawat mereka.

Bugar harus tersedia jika masalah berkembang, jika tidak tersedia, bugar kemudian harus memiliki sistem di tempat untuk mengatasi situasi.

Anda harus mengikuti instruksi, merawat, dan mengenakan lensa dengan benar, dan kembali seperti yang diperlukan untuk perawatan rutin dan darurat.

Bugar dapat menjadi dokter mata, dokter mata, atau mungkin ahli optik.

Dokter mata dokter yang telah lulus dari perguruan tinggi, dan sekolah kedokteran (MD) atau osteopati (DO), setelah tiga sampai lima tahun pelatihan tambahan yang diperlukan dan menghabiskan belajar tentang pemeriksaan mata (termasuk fitting lensa kontak dan kacamata), diagnosis dan pengobatan penyakit mata, dan melakukan operasi mata. Dokter mata melakukan kedua operasi konvensional dan operasi laser.

Dokter mata telah lulus dari sekolah optometri (OD), di mana mereka dilatih dalam pemeriksaan mata, pas lensa kontak dan kacamata, dan tergantung pada lisensi negara, pengobatan penyakit mata tertentu. Dokter mata tidak melakukan operasi mata konvensional atau operasi laser.

Optik kacamata sesuai berdasarkan resep dari dokter mata atau dokter mata. Di beberapa negara, Optik mungkin cocok lensa kontak. Opticians tidak melakukan pemeriksaan mata, tidak mendiagnosa atau mengobati penyakit mata, dan tidak melakukan operasi.

Lensa lunak dan kaku gas permeable (RGP) lensa adalah lensa utama yang tersedia. Masing-masing memiliki indikasi tertentu serta mengenakan spesifik dan rejimen perawatan. Keras yang lebih tua (PMMA) lensa jarang digunakan saat ini dan memiliki risiko yang mirip dengan lensa RGP. Ada lensa scleral lebih besar tersedia untuk kondisi mata khusus.

Lensa kontak yang terutama digunakan untuk menghindari keharusan untuk memakai kacamata dalam kondisi seperti rabun jauh, rabun jauh, dan Silindris atau untuk menghindari penggunaan kacamata (lensa multifokal).

Mereka juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi lain. Keratoconus adalah suatu kondisi di mana permukaan mata memiliki bentuk yang sangat tidak teratur (astigmatisme). Ketika gelas tidak lagi memberikan visi yang memadai, lensa kontak digunakan.

Lensa kontak sering digunakan setelah operasi bias ketika berada di bawah-atau over-koreksi terjadi. Setelah operasi, dan dalam beberapa kasus penyakit mata kornea, perban lensa kontak lunak dapat digunakan untuk memungkinkan kornea untuk menyembuhkan atau dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit.

Beberapa lensa dimaksudkan untuk pakaian sehari-hari. Dengan setiap hari memakai lensa lembut, Anda memakai lensa untuk satu hari dan kemudian membuang mereka. Hal ini memungkinkan seseorang untuk membuang solusi, pembersihan, dan disinfeksi lensa. Hal ini memungkinkan mengenakan intermiten seperti akhir pekan atau mengenakan sesekali, seperti yang diinginkan. Lensa paling lembut dan beberapa lensa RGP yang dipakai untuk sehari dan kemudian dihapus, dibersihkan, dan didesinfeksi setiap malam. Lensa lunak biasanya diganti secara teratur, yang bervariasi dari satu minggu sampai satu bulan untuk tiga bulan sampai satu tahun. Lensa RGP dapat berlangsung selama bertahun-tahun dengan perawatan rutin.

Lensa memakai diperpanjang, biasanya lembut, dipakai semalam selama satu minggu dan kemudian diganti setiap 1-2 minggu. Mencoba untuk memperpanjang keausan lensa luar jadwal penggantian yang disarankan adalah ekonomi palsu dan undangan untuk bencana potensial.

Semalam mengenakan menurunkan jumlah oksigen yang tersedia untuk mata dan meningkatkan kesempatan (jarang) infeksi oleh empat kali lipat. Karena itu, beberapa praktisi tidak merekomendasikan memakai diperpanjang lensa kontak. Lensa baru mungkin lebih aman.

Masalah yang dihasilkan dari jarak lensa kontak memakai dari ketidakmampuan untuk menghapus lensa (biasanya setelah fit yang pertama) kebutaan dari infeksi. Pas tepat, instruksi, dan perawatan dan pemeliharaan dapat mencegah masalah yang paling.

Ketika sedang cocok dengan lensa kontak, bugar harus menyediakan pasien dengan informasi apa yang harus dilakukan dalam kasus masalah (panggilan kantor, pergi ke ruang gawat darurat, dll).

Setelah cocok, ketidakmampuan untuk menghapus lensa sesekali terjadi. Hubungi Bugar Anda untuk instruksi bagaimana untuk melanjutkan.

Alasan paling umum untuk kontak-lensa pemakai untuk mencari perawatan adalah iritasi mata, kemerahan, atau penglihatan kabur. Ini dapat disebabkan oleh lensa memakai keluar atau bengkok, perubahan di mata membutuhkan lensa baru, pas miskin dari lensa, perawatan yang buruk dari lensa, atau sensitivitas terhadap solusi. Ketidaknyamanan ini relatif kecil harus dievaluasi karena mereka mungkin sinyal terjadinya ulkus kornea dan infeksi yang lebih dalam.

Dengan kekenyangan kontak-lensa solusi yang tersedia, penting untuk hanya menggunakan solusi yang direkomendasikan oleh bugar. Beberapa solusi mungkin tidak kompatibel dengan lensa tertentu atau mungkin berisi komponen, seperti Thimerosal (20% dari orang yang alergi terhadap zat ini), yang tidak kompatibel dengan mata orang-orang tertentu.

Salah satu perhatian utama, dari sudut pandang pemakai, adalah bahaya ketika lensa kontak slip dari mata. Lensa duduk pada permukaan mata tetapi tidak dapat melakukan perjalanan “kembali ke otak” karena mencakup jelas mata berjalan di bawah kelopak mata dan menjaga lensa dari pergi lebih jauh ke belakang. Jika lensa tidak dapat direposisi pada kornea, berada di bawah kelopak mata dan dapat dengan mudah meluncur atau dipindahkan ke posisi yang benar pada kornea (kadang-kadang membutuhkan bantuan bugar). Ini tidak akan merugikan jika itu adalah di bawah kelopak mata selama beberapa jam.

Mata merah berhubungan dengan nyeri, penglihatan kabur, dan sensitivitas cahaya yang lebih serius dan dapat sinyal kondisi yang berpotensi menyilaukan, seperti ulkus kornea karena infeksi.

Lecet (goresan) pada permukaan kornea (lecet kornea) biasanya hasil dari oksigen tidak cukup mencapai permukaan mata, meskipun mereka juga dapat hasil dari kotoran atau badan asing lainnya mendapatkan di bawah lensa. Ini mungkin karena baik dikenakan di atas-dari lensa kontak atau lensa yang tidak ditoleransi oleh mata. Gangguan ini kornea tidak hanya dapat sangat menyakitkan tetapi juga dapat mempengaruhi mata untuk infeksi serius, membutakan.

Kadang-kadang, seseorang secara tidak sengaja membasahi lensa nya di larutan larutan pembersih atau sabun, mengakibatkan kemerahan pada mata dengan banyak rasa sakit. Hal ini sangat tidak nyaman tetapi biasanya tidak menimbulkan kerusakan permanen. Tetes dan irigasi mata mungkin diperlukan untuk mengurangi rasa sakit.

Makeup bisa mendapatkan di bawah sebuah lensa dan menyebabkan iritasi atau film berminyak pada lensa, sehingga sulit untuk melihat dengan jelas. Kadang-kadang polishing di kantor akan diperlukan untuk menghapus film ini.

Penting untuk diingat bahwa setiap dari keluhan-keluhan mata mungkin terjadi dan tidak ada hubungannya dengan lensa kontak dan mungkin tanda-tanda lain kondisi mata yang tidak berhubungan seperti infeksi, katarak, atau glaukoma. Mungkin perlu untuk melihat perawatan mata Anda profesional untuk diagnosis yang benar dan pengobatan.

Setiap perubahan dalam kondisi mata pemakai lensa kontak-harus dievaluasi untuk penyebab dan pengobatan mungkin. Apakah atau tidak ini keluhan mata yang disebabkan oleh lensa kontak, mereka masih harus didiagnosis dan diobati. Jika ragu, hubungi Bugar Anda untuk informasi tentang bagaimana untuk melanjutkan; ingat bahwa Optik tidak memperlakukan penyakit mata.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s